Agar Sayuran Awet Segar

Biar nggak bolak-balik belanja, beberapa ibu memilih membeli sayuran dalam jumlah yang berlebih. Kadang, karena harga sayura yang sedang murah, borong semua. Nah, repotnya kalau semua sayuran tu tidak segera dimasak, pasti akan layu dan tidak enak lagi untuk dimasak. Berikut ada beberapa tips agar sayuran hijau tidak cepat layu alias awet segar.

Yang ini tips untuk mereka yang belum punya kulkas alis mesin pendingin. Letakkan sayur-sayuran dalam sebuah wadah plastik berisi air. Posisi batang menyentuh dasar wadah dan cukup terendam. Untuk jenis sayuran yang berupa umbi-umbian seperti wortel, kentang, lobak, posisinya harus terendam seluruhnya dalam air. Alhasil, sayur-sayuran akan kembali segar dan Bunda pun tersenyum ceria. Periksa air rendaman sekitar 3-4 hari sekali agar air tetap jernih dan tidak berlendir. Sayuran yang diperlakukan dengan cara ini akan tetap segar sampai kurang lebih 1 minggu. Yang perlu diperhatikan, pantau terus kondisi sayuran. Jangan sampai batangnya membusuk karena terendam air terus.

Ada tips lain. Bisa juga sayuran tersebut di bungkus dengan kertas koran bekas agar dinginnya kulkas tidak membuat sayuran segar tadi layu atau juga busuk.

Ada yang mau menambahkan?

~ oleh ceritaresepku pada Maret 18, 2010.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: