Soto Tangkar

Mungkin, dulunya soto ini dibuat atau dinikmati oleh orang-orang yang bekerja di penangkaran, entah penangkaran burung, hingga penangkaran buaya. Atau, mungkin karena soto ini berasal dari daerah Tangkar, saya juga nggak tahu persis. Asal muasal soto ini sih nggak penting. Asal rasanya enak, sikat saja.

Bahan yang perlu disiapkan, 1 kg jerohan sapi, 2 lbr daun salam, 2 btg sereh diambil bagian putihnya lalu dimemarkan serta 2 liter santan cair. Bumbu halus terbuat dari 3 cm jahe, 4 cm lengkuas, 6 cm kunyit, 5 bh kemiri, 3 bh cabe merah, 10 bh cabe rawit, 1 sdt ketumbar, 2 sdm merica, 5 btr bawang merah, 5 siung bawang putih dan garam.

Bahan pelengkapnya, 1 sdt bawang goreng, 1 sdt seledri diiris halus, 2 sdt daun bawang diiris halus, 1 bh jeruk limau diiris empat, 100 gr emping goreng, dan kecap manis.

Cara membuatnya sebagai berikut. Rebus daging dan jerohan dengan santan cair, sereh dan daun salam hingga setengah matang. Tambahkan bumbu yang dihaluskan, kecilkan apinya dan masak hingga jerohan empuk. Icipi rasanya. Angkat dan hidangkan dengan pelengkapnya.

~ oleh ceritaresepku pada Februari 23, 2010.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: