Soto Padang

Dulu, sewaktu masih bekerja di sebuah lembaga zakat di Surabaya, saya pernah aan ditugaskan ke Padang untuk mengikuti seminar zakat nasional. Sayang, nggak jadi terbang karena keadaan badan yang tidak memungkinkan. Kata teman yang bisa ikut ke sana, soto Padang rasanya ciamik. Jadi penasaran neeh.

Bahan yang dibutuhkan untuk memasak soto Padang sedikit kok. 1 lb daging sapi (beef round).
2 baking potato goreng yang dipotong kecil-kecil. 1 bungkus soun, rendam air panas sebentar
daun seledri, iris halus. Bawang goreng. Kecap asin dan cuka secukupnya. 2 lembar daun salam. Garam dan lada secukupnya. Bumbu yang dihaluskan dibuat dari 5 siung bawang putih, 2 butir pala dan sambal ulek sepedasnya.

Cara membuatnya juga mudah. Potong daging setebal 1 inch. Rebus daging dalam air secukupnya beserta daun salam dan garam sampai setengah matang. Sementara panaskan 2 sendok makan minyak, tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai baunya harum. Masukkan tumisan ini kedalam panci daging dan masak terus sampai daging matang. Kalau airnya berkurang bisa ditambahkan air secukupnya. Angkat daging kemudian goreng sampai kering (dengan api kecil).

Untuk menghidangkan, atur soun, kentang, daging goreng yang sudah dipotong tipis, seledri dan bawang goreng di dalam mangkuk. Beri kecap asin dan cuka kemudian siram dengan kuah soto yang hangat. Dimakan dgn nasi hangat yg ditaburi kerupuk merah dan bawang goreng.

~ oleh ceritaresepku pada Februari 16, 2010.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: