Soto Madura

Beberapa bulan yang lalu, telah diresmikan penggunaan jembatan Suramadu untuk umum. Kini, untuk pergi ke Pulau Madura tak perlu waktu lama. Dari rumah saya, yang juga masih di Surabaya, cuma perlu waktu nggan sampai satu jam, terhitung waktu penyeberangan yang rata-rata cuma 15 menit. So, kalau lagi pingin makan soto madura langsung di madura, tinggal tancap gas.

Bahan yang diperlukan untuk memasak soto madura adalah sebagai berikut ini. 500 gr daging sandung lamur, 1 liter air, 2 batang daun prei ukuran sedang yang diiris kasar, 2 tangkai seledri yang disimpul, 6 butir telur ayam rebus, 1 sdm beef stock powder, 2 sdt garam /secukupnya, 1 sdt gula pasir /secukupnya dan minyak sayur untuk menumis.

Bumbu yang akan dihaluskan terdiri dari 4 cm jahe, 3 cm kunyit, 7 butir bawang merah, iris kasar & tumis, 5 siung bawang putih, iris kasar & tumis serta 5 butir kemiri.

Bahan lain yang berfungsi sebagai pelengkap yaitu kecap asin, kecap manis, jeruk nipis yang dibelah-belah, dan krupuk udang. Untuk penyedap, ditambahkan taburan bawang merah goreng dan seledri yang diiris halus. Jangan lupa, pakai sambal rebus yang dibuat dari 2 buah cabe merah yang diiris kasar, cabe rawit sesue slera, 3 butir kemiri dan garam secukupnya.

Cara memasaknya ikuti langkah berikut. Didihkan air, masukkan daging. Rebus sampe setengah matang, tiriskan daging. Biarkan kaldu diatas api kecil. Potong-potong daging seukuran single bite, sisihkan. Panasin minyak, tumis bumbu halus sampe wangi & matang. Masukin potongan daging, aduk rata. Masukin tumisan ke dalam kaldu bersama telur rebus. Bumbui beef stock, garam, gula & seledri. Masak sampe daging mulai empuk (kalo kuahnya kurang, tambahin air (panas). Masukkan daun prei, tutup rapat sampe semuanya masak. Angkat dan sajikan.

Untuk membuat sambal, rebus semua bahan kecuali garam. Tiriskan & haluskan bersama garam, beri air perebus cabe 2-3 sdm, aduk rata. Penyajian, tiriskan telur & belah dua. Letakkan beberapa potong daging di mangkuk kecil2, beri telur, siram dengan kuah. Taburi seledri & bawang goreng.
Sajikan dengan kecap manis, kecap asin, jeruk nipis & sambal yang ditempatkan terpisah, lengkapi dengan nasi hangat & krupuk udang.

Menurut catatan orang lain, kalau mau lebih sedep lagi, gantikan 200gr daging dengan 400gr tulang2 berdaging (misal: iga, buntut). Kalau ngga berpantang jerohan, ganti 300gr daging dengan jerohan sapi (usus, babat, paru, limpa). Rebus jerohan sampe setengah matang, buang airnya (mengurangi amis & kadar oksalat) lalu satukan bersama daging, olah sesuai resep.

~ oleh ceritaresepku pada Februari 16, 2010.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: