Soto Banjar

Soto, makanan berkuah yang satu ini memang banyak penggemarnya. Hampir di setiap sudur kota ada saja yang menjual soto. Resepnya pun beraneka, sesuai selera yang memasak. Asal daerah sang koki juga membuat rasa soto makin bervariasi. Soto Banjar misalnya. Seprti namanya, resep soto ini memang berasal dari daerah Banjar, Banjarmasin. Simak yuk cara bikinnya. Temukan perbedaannya dengan soto dari daerahmu.

Bahan-bahannya terdiri dari 1 ekor ayam belah empat, 1500 ml kaldu, 5 cm kayu manis, 4 btr cengkeh, 3 bh kapulaga
4 batang daun bawang yang diiris halus, 2 batang seledri yang diiris halus, 1 sdm minyak dan garam secukupnya. Bumbu yang dihaluskan dibuat dari 10 btr bawang merah, 5 siung bawang putih, ½ bh pala utuh dan ½ sdt merica. Sebagai pelengkap, perlu disiapkan 100 gr soun yang direndam air panas hingga lunak, 3 btr telur rebus yang di belah empat, perkedel kentang, kecap manis, jeruk nipis.

Cara membuat Soto Banjar sebagai berikut. Rebus ayam hingga lunak. Keluarkan ayam dan suir-suir dagingnya. Sisihkan. Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan ke dalam kaldu. Tambahkan daun bawang, kayu manis, cengkeh, kapulaga, daun seledri dan garam. Rebus hingga mendidih. Siapkan soto di mangkok dengan sedikit soun, daging ayam dan beberapa iris telur rebus. Tuangi kuah. Sajikan bersama pelengkap dan sambalnya.

~ oleh ceritaresepku pada Januari 30, 2010.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: