Soto Ayam Surabaya

Surabaya, kota Pahlawan yang kini jadi kediamanku. Ada banyak hal yang menarik dari kota ini. Salah satunya, makanan yang beraneka ragam. Soto ayam Surabaya, sepertinya tak jauh beda dengan masakan sejenis dari daerah lain. Tapi, kalau sudah menikmati sendiri, bakal terasa deh bedanya. Intip cara buatnya yuk.

Bahan yang diperlukan nggak banyak kok. 200 gram ayam dada, Bihun putih, kecambah, Kubis ( diiris halus), 2 daun salam, 2 serai bagian putihnya, 1 kaleng santan cair, Bawang goreng, daun bawang (luncang), Seledri, jeruk nipis dan telur rebus (iris tipis bagi 3).

Untuk membuat bumbu halus diperlukan 6 bawang merah, 8 bawang putih, mrica dan ketumbar secukupnya, 1 butir kemiri, 1/2 jari kunir (dibakar), 1/2 jari jahe digeprek, serta garam dan gula secukupnya.

Langkah memasaknya juga mudah. Pertama, ayam direbus dalam air mendidih, kalo sudah matang diangkat dan ayamnya disuir2, ambil kaldunya. Tumis semua bahan-bahan halus, setelah harum masukan salam, dan serai. Setelah cukup matang bumbunya, masukan ke dalam kaldu ayam tadi, beri santan encer lalu masak hingga harum. Racik bihun, kecambah, kubis, suiran ayam, dan telur, seledri lalu diberi kuah diatasnya, jangan lupa bawang goreng dan jeruk nipisnya.

~ oleh ceritaresepku pada Januari 30, 2010.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: