Rempeyek Gurih

Saya senang sekali dengan krupuk. Kriuk kriuk, suaranya bikin makan tambah nikmat. Meski tak banyak nilai gizinya. Makan tanpa krupuk serasa kurang lengkap rasanya. Selain krupuk, ada kriuk kriuk lain yang juga saya gemari. Biasanya selalu ada pada hidangan nasi pecel madiun, makanan khas daerah saya. Yup, rempeyek tea.

Untuk membuat rempeyek, diperlukan bahan-bahan berupa tepung beras, santan kelapa, kapur sirih, telur yang sudah dikocok terlebih dahulu, dan minyak goreng. Bumbu yang dihaluskan terdiri dari kemiri, ketumbar, kencur, bawang putih, kunyit dan garam. Biar tambah enak, ditambah kacang tanah, udang, ikan teri atau yang lain.

Cara membuatnya mudah sekali. Campur tepung beras, santan, air kapur sirih, telur dan bumbu halus. Aduk sampai rata. Ambil dengan sendok sayur lalu taburi dengan kacang, udang atau ikan teri. Goreng dengan menuangkan adonan pada seputar pinggir permukaan minyak yang sudah cukup panas. Goreng sampai kuning kecoklatan. Tiriskan dan simpan jika sudah benar-benar dingin.

Coba deh. Rasanya kerasa kriuk kriuk kriuk…..

~ oleh ceritaresepku pada Januari 3, 2010.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: