Sate Kambing Kurban

Hari raya kurban. Setelah sholat tak ada yang dilakukan. Bercengkrama sama suami dan buah hati. Hujan yang tak lama turun pun reda. Jalan-jalan sebentar sambil nyuapin si kecil, liat pemotongan kurban di mushola dekat rumah. Beberapa bapak-bapak tengah memotong daging. Sejumlah 8 ekor kambing dan 2 ekor sapi kurban jelang siang itu sudah selesai disembelih. Tinggal memotongnya menjadi bagian yang lebih kecil, lalu dimasukkan ke kantong kresek hitam. Siap dibagi-bagikan ke masyarakat. Cepat-cepat pulang kembali ke rumah. Sapa tahu dapat bagian hewan kurban. Hehe…

Dua jam berlalu. Daging yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba. Satu kantong kresek penuh daging kambing kini ada di tangan. Ada bagian tulang, rencananya akan dimasak gulai saja. Sedangkan bagian dagingnya akan dibuat sate. Ehm, nyumi.

Untuk membuat sate kambing tidak terlalu susah. Daging kambing dipotong kotak kecil-kecil. Siapkan kecap manis, minyak ayam dan tusuk sate. Sebagai penambah kesedapan, buat juga sambal sate yang terdiri atas irisan tipis cabai rawit, irisan bawang merah, kecap manis, dan air jeruk limau. Tak lupa, siapkan juga pelengkapnya, tomat, nasi atau lontong.

Cara membuatnya gampang. Lumuri daging kambing dengan kecap dan minyak ayam. Diamkan 30 menit. Tusukkan di tusuk sate lalu panggang di bara api sampai matang. Aduk bahan sambal, diamkan 30 menit. Hidangkan sate dengan sambal dan pelengkap. Rasanya enak lho. Tapi ingat. Makan sekedarnya saja, jangan terlalu banyak. Hati-hati bagi Anda yang punya penyakit tekanan darah tinggi.

~ oleh ceritaresepku pada Desember 18, 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: