Bubur Pedas Pangsit Udang

Hore, libur kerja euy. Hari minggu yang ditunggu-tunggu telah tiba. Duh, senangnya. Tak seperti minggu-minggu sebelumnya. Hari ini akan ada tamu spesial. Seorang kawan lama yang jago masak bakal bertandang. Sengaja tak kusiapkan makanan apapun, hanya nasi putih. Sang tamu istimewa pasti akan dengan senang hati ajak aku masak-masak, seperti yang dulu sering kami lakukan ketika sama-sama masih kuliah.

Jam delapan pagi. Tamu istimewaku telah datang. Tanpa babiku, kami segera meluncur ke dapur, tempat favorit kami dulu. Sekarang sih, aku lebih betah di depan laptop daripada masak di dapur. Melihat ada nasi putih terhidang di meja, tamuku berinisitaif untuk membuat bubur. Kali ini, buburnya rasa pedas plus pakai pangsit udang. Hmm, membayangkan saja sudah ngiler.

Untuk membuat bubur, kami segera menyiapkan kaldu ayam, cabai merah yang diiris halus, kecap manis, bawang putih yang dicincang halus, merica bubuk, garam, dan yang paling penting nasi pulen. pangsit dibuat dari bahan-bahan : kulit pangsit, udang sedang yang dikupas dan disisakan ekornya. Isi pangsit dibbuat dengan mengaduk rata daging ayam cincang halus, udang kupas yang dicincang halus, bawang putih yang diparut, daun bawang diiris halus, kecap asin, minyak wijen, dan merica bubuk.

Dengan cekatan, sang tamu membuat bubur istimewa. Untuk membuat bubur, mula-mula kaldu didihkan, lalu ditambah cabai, kecap, bawang putih, merica dan garam. Kemudian dimasukkan nasi, masak sampai nasi tidak agak lembek tetapi tidak hancur. Cara membuat pangsit, isi tiap lembar kulit pangsit dengan 1 sdt adonan isi, beri 1 ekor udang. Lipat kulit pangsit dengan ekor udang ada di bagian luar. Direbus dalam air secukupnya hingga pangsit matang. Angkat dan ditiriskan.

Semua telah siap. Bubur dituang ke mangkok, ditambah pangsit, lalu ditaburi bawang goreng. Selagi hangat, bubur segera kami santap. Rasanya, memang mantap.

~ oleh ceritaresepku pada Desember 11, 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: