Bakar Cumi

Membosankan. Hari ini penuh dengan tugas-tugas kantor yang menyita pikiran, juga memeras tenaga. Pulang kantor, tak ada makanan yang cocok di lidah. Semua terasa hambar. Bingung, enaknya makan apa ya? Mau jalan-jalan keluar cari makan, lagi hujan. Tambah malas aja. Pencet beberapa nomor teman di hape. Semua nggak ada yang angkat. Ah, benar-benar hari yang membosankan.

Televisi mungkin bisa kasih hiburan. Acak, pilih saluran teve. Ehm, sedang ada acara masak-masak. Iseng ah ngikuti. Host acara sekaligus koki masak, sedang memperagakan resep masakan cumi bakar dengan bumbu kecap. Lewat tulisan yang berjalan di bagian bawah layar, saya bisa menyimak lebih lengkap masakan yang dibuat. Bahan yang dibutuhkan cumi kupas segar, kecap, selai kacang, margarin dilelehkan, dan tusuk sate. Sedangkan bumbu yang dihaluskan bawang merah, bawang putih, jahe, teh pekak bubuk dan garam secukupnya. Langkah pembuatannya cukup sederhana. Lumuri cumi dengan bumbu halus, kecap, selai kacang dan margarine leleh, diamkan 1 jam. Kemudian tusuk cumi dengan tusukan sate. Terakhir, bakar sate cumi di bara api sampai matang. Selesai.

Di sela acara memasak, si koki juga kasih resep bagi pemirsa. Selain dibakar diatas bara api, sate juga bisa dimasak dengan oven. Kepala cumi dipisah dari badannya, biar lebih matang, jadi semua kepala disatukan, dalam 1 tusuk sate ada 3-4 kepala cumi. Tips lain, bumbu rendaman ditumis (tanpa minyak karena sudah ada margarine dalam bumbu rendaman itu) diaduk terus agar tidak menjadi karamel. Setelah bumbu matang, diangkat dituang ke mangkok. Lalu diberi rajangan bawang merah, cabe rawit merah dan tomat hijau. Sambal ini dimakan bersama cumi dan nasi hangat.

Menu yang menggoda selera. Namun, teve akhirnya dimatikan. Saya sudah tidak tahan lapar. Bikin mie goreng saja ah. Lebih prkatis dan lebih cepkat masaknya.

~ oleh ceritaresepku pada Desember 11, 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: